Search

Rumus Mendidik Anak Perempuan Agar Sholehah dan Cerdas


Anak merupakan anugerah dan amanah yang Allah titipkan. Begitu banyak orang tua yang mengharapkan kehadiran sosok buah hati namun tak kunjung diberi, sementara banyak pula orang tua yang dengan mudah memperolehnya. Suatu anugerah yang besar ketika orang tua memiliki anak, bahkan dalam al-Quran dikatakan sebagai perhiasan hidup “Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia..”(QS. Al-Kahfi:46).


Dalam islam ada keutamaan bagi orang tua yang mampu mendidik anak perempuannya dengan baik sejak dini hingga dewasa yaitu anak perempuan mereka akan menjadi penghalang dari api neraka. Sesuai perkataan yang diucapkan oleh nabi “Barang siapa diuji dengan sesuatu dari anak-anak perempuannya, kemudian ia berbuat baik kepada mereka maka kelak mereka akan menjadi penghalang dari api neraka”


Dalam hal mendidik anak perempuan, ada beberapa rumus yang diajarkan nabi Muhammad SAW:

  1. Hal yang paling mendasar dengan mengenalkan keesaan Allah dan keteladanan nabi Muhammad, bahwa Allah itu pencipta seluruh alam semesta dan nabi Muhammad panutan terbaik kita.

  2. Ajarkan anak untuk mengucapkan kalimat-kalimat toyyibah, dengan cara sesering mungkin hingga anak mampu untuk merekam kalimat tersebut.

  3. Ajarkan anak mengenali huruf hijaiyyah, dengan metode yang menarik agar tidak merasa bosan karena suasana yang menyenangkan akan membantu anak untuk mengingat hafalan.

  4. Ajarkan adab sopan santun sesuai syari’at agama, mulai dari adab berpakaian, adab makan, adab berbicara dan lain sebagainya. Karena dengan demikian ajaran-ajaran tersebut akan tertanam pada pikiran anak hingga ia dewasa kelak.

Kepada kita selaku orang tua adalah hal yang bahagia apabila kita menyaksikan mereka tumbuh dan berkembang menjadi anak-anak yang sholehah dan juga cerdas, lantas apa sajakah tips mendidik anak usia dini agar cerdas?


Diibaratkan sebuah kertas polos putih bersih tanpa noda , akan diisi tinta warna apa kertas tersebut? Tinta hitam, tinta biru, tinta merah atau tinta emas? Semua tergantung pada bagaimana orang tua mendidiknya. Karena mendidik anak usia dini sangat penting untuk masa depan anak dalam membangun pribadi yang cerdas dan memiliki akhlakul karimah.

  1. Cerdas berbahasa, dengan mengajarkan bagaimana anak mampu berkomunikasi secara tepat juga runtut.

  2. Cerdas berlogika, dengan cara mengklasifikasikan sesuatu maka anak mampu menalar dengan baik.

  3. Cerdas membaca diri, dengan memahami kondisi jiwanya maka anak lebih tenang dalam menghadapi masalah.

  4. Cerdas berinteraksi sosial, dengan mengajarkan sikap penyantun dan dermawan .


Apa yang telah disampaikan dalam artikel sederhana ini adalah do’a, sebagai orang tua harapannya tidak pernah putus asa dalam mendidik dan mendo’akan anak. Pada akhirnya, saya berharap artikel ini dapat memberikan pembelajaran tentang pentingnya menyiapkan anak dengan kualitas hidup yang lebih baik melalui pendidikan dan pengasuhan yang juga berkualitas.

606 views

Cyberjaya. Malaysia

©2020 Measat Broadcast Network Systems and Digital Durian